Selasa, 21 Oktober 2014

PENGERTIAN & ASAL MULA AL-BANJARI

AL - BANJARI

 
Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah bin Abdur Rahman al-Banjari (atau lebih dikenal dengan nama Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari (lahir di Lok Gabang, 17 Maret 1710 – meninggal di Dalam Pagar, 3 Oktober 1812 pada umur 102 tahun atau 15 Shofar 1122 – 6 Syawwal 1227 H)[3] adalah ulama fiqih mazhab Syafi'i yang berasal dari kota Martapura di Tanah Banjar (Kesultanan Banjar), Kalimantan Selatan. Beliau hidup pada masa tahun 1122-1227 hijriyah. Beliau mendapat julukan anumerta Datu Kelampaian.
Beliau adalah pengarang Kitab Sabilal Muhtadin yang banyak menjadi rujukan bagi banyak pemeluk agama Islam di Asia Tenggara.[4]

 al-banjari ini asalnya dari daerah banjar masin tetapi lebih populer di mainkan di daerah jawa timur. dan al-banjari ini terdiri  dari 2 kata yaitu BAN & JARI , BAN berasal dari kata BAND yang bermakna suatu group dan kata JARI itu di lihat dari cara memainkan alat music tersebut (terbang) dengan menggunakan jari , jadi pengertiannya adalah suatu group yang memainkan alat musiknya dengan menggunakan jari .pada umumnya al-banjari ini biasanya di isi dengan lagu religi seperti solawat dan syi'ir dari negara syiria, tetapi kandungan makna dari semua jenis lagu-lagu tersebut tidak lain hanyalah menyanjung baginda rosululloh MUHAMMAD saw.
 
   Al-banjari ini terdiri dari 10 anggota maximal, 5 orang pada focal dan 5 pada pemukul terbang.pada perinciannya adalah :

UNTUK PADUAN SUARA FOKAL :

a. 1 fokal utama
b. 1 beaking fokal suara biasa ( suara pengganti fokal utama )
c. 1 beaking fokal suara 2 / suara minor
d. 1 beaking fokal suara 3 / suara tenor
e. 1 beaking fokal suara bass

UNTUK PEMUKULNYA ADALAH :

a. pemukul terbang lanangan  utama
b. pemukul terbang wedok'an utama
c. pemukul terbang golongan lanangan
d. pemukul terbang golongan wedok'an
e. pemukul terbang bass

    Pada intinya al-banjari ini melatih kekompakan suatu tim / group , karna di saat sholawat al-banjari ini memulai bermain maka semua orang yang terlibat dalam group tersebut saling melengkapi satu sama lain ,
semisal terbang lanangan utama dengan terbang wedok'an utama beriring-iringan maka yang terbang golong lanangan maupun yang golong wedok'an itu saling memperjelas ketukan irama, dan yang terbang bass sebagai tempo ketukan irama .
    Begitu juga dengan suaranya lagu yang  di lantunkan dengan metode paduan suara yang mana menjadikan sholawat al-banjari menjadikan syahdu dan menjadikan hati kita tentram dan rasa cinta kita kepada baginda rosululloh MUHAMMAD SAW menjadi bertambah .

yang penting niat kita untuk sholawatan karna ALLOH semata, bukan untuk yang lainnya .

                ALLOHUMMA SOLLI ALA SAIYIDINA MUHAMMAD ......?

sumber : azizarsnalasyubbani

2 komentar:

  1. Banjari tu di ambil dari nama suku/kerajaan (banjar-kalsel) , bukan dari gabungan kosa kata BAN + Jari , terlalu dipaksakan itu , dan juga seni banjari lebih populer di tanah banjar daripada di jawa timur

    BalasHapus